Pembersih Kaca

Obat Pembersih Kaca Berkerak

Obat pembersih kaca berkerak bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca yang berkerak. Entah itu kaca mobil, kaca akuarium, kaca jendela, dan sebagainya. Kaca yang berkerak tentunya akan mengganggu estetika. Karena itu, penting untuk segera membersihkannya untuk mencegahnya menjadi lebih parah.

 

Penyebab Kaca Berkerak

Ada beberapa hal yang menyebabkan kaca menjadi berkerak, berikut diantaranya.

 

  • Sisa Air yang Menempel

Sisa air yang menempel pada kaca, seperti air hujan atau air bekas mencuci, bisa menjadi penyebab kaca menjadi berkerak. Sisa air yang menempel akan meninggalkan bercak air yang akan berubah menjadi kerak jika tidak segera dibersihkan. Bercak air yang terkena sinar matahari juga bisa menjadi jamur. Karena itu, pastikan untuk segera membersihkan kaca setelah terkena air.

 

  • Kualitas Air Kurang Baik

Beberapa daerah di Indonesia memiliki masalah ketersediaan air bersih yang minim. Sayangnya, kualitas air yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab kerak pada kaca. Misalnya, air yang memiliki kandungan kapur yang tinggi bisa menyebabkan kerak. Sedangkan air yang memiliki kandungan garam tinggi bisa menyebabkan kaca berjamur.

 

Lihat Artikel Menarik lainnya:

1. Bahan Pembersih Kaca Mobil
2. Obat Pembersih Kaca Mobil
3. Cairan Pembersih Kaca Mobil 
4. Cairan Pembersih Kaca Jendela

 

Cara Kerja Pembersih Kaca Berkerak

Obat pembersih kaca berkerak juga biasa disebut dengan glass cleaner. Produk pembersih ini memiliki tekstur yang kental dan pekat. Selain untuk membersihkan kerak, produk pembersih ini juga efektif untuk membersihkan jamur, serta oli dan minyak yang masuk ke dalam pori-pori kaca. Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan kerak air yang membandel.

Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat pembersih kerak kaca karena ada beberapa kaca yang tidak boleh dibersihkan oleh produk pembersih ini. Contohnya, kaca mobil Eropa atau mobil Jepang premium. Hal ini karena kaca mobil dari kebanyakan 2 jenis mobil ini memiliki lapisan, yang mana lapisan tersebut akan terdapat bercak putih jika terkena zat kimia.

 

Membersihkan Kerak Kaca Dengan Pembersih Kerak

Anda bisa menggunakan pembersih kerak kaca jika Anda ingin membersihkannya sendiri tanpa perlu datang ke salon mobil. Namun, perhatikan bahan aktif pembersih yang terkandung di produk. Beberapa bahan mungkin bisa menimbulkan lecet halus pada kaca Anda. Selain itu, pastikan Anda tidak menekan atau menggosok kaca terlalu keras saat membersihkannya untuk menghindari lecet.

Setelah membersihkan kaca dengan pembersih kerak, Anda bisa mengoleskan rain clear untuk menjaga kaca tetap bersih. Hal ini juga berfungsi sebagai tindakan pencegahan anti kerak selanjutnya. Setelah itu, gunakan produk anti kerak dan anti jamur secara rutin pada kaca Anda. Kaca yang sudah dilapisi dengan produk rain clear umumnya akan bertahan selama kurang lebih 3 bulan hingga 4 bulan.

 

Bahan Lain Untuk Membersihkan Kerak Kaca

Selain obat pembersih kerak kaca, ada bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk membersihkannya. Berikut beberapa diantaranya.

 

  • Baking Soda

Anda bisa menggunakan baking soda atau biasa disebut dengan soda kue untuk membersihkan kerak kaca. Caranya adalah dengan mencampurkan terlebih dahulu baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan campuran baking soda pada permukaan kaca.

Diamkan dahulu selama beberapa saat, kemudian bersihkan dengan menggunakan kain lembab. Lalu, keringkan sempurna dengan menggunakan kain kering.

 

  • Cuka

Cuka adalah bumbu dapur yang bisa Anda manfaatkan juga sebagai pembersih kerak kaca. Pertama-tama, campurkan cuka dengan air hangat secukupnya. Kemudian, oleskan campuran cuka tersebut pada permukaan kaca. Diamkan sebentar lalu bilas dengan menggunakan air bersih atau kain lembap. Jangan lupa untuk mengeringkan kaca setelahnya untuk mencegah adanya bercak air.

 

  • Pasta Gigi

Bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerak pada kaca adalah pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada kain bersih dan kering, kemudian gunakan untuk mengusap kaca yang berkerak. Anda juga bisa mengoleskan pasta gigi secara langsung pada bagian kaca yang berkerak.

Tunggu selama 3 menit hingga 5 menit sampai pasta gigi mengering. Setelah itu, bersihkan pasta gigi yang mengering dengan kain lembap. Ulangi beberapa kali jika masih terdapat kerak yang membandel.

Itu tadi adalah cara membersihkan kaca berkerak dengan obat pembersih kaca berkerak.

 

Cek Harga Sabun Cuci Tangan

Cek Harga Sabun Cuci Baju

Cek Harga Sabun Cuci Piring

Cek Harga Cairan Pewangi Pakaian

Cek Harga Pembersih Lantai

Keranjang (0)
Total 0
Lanjut ke pembayaran
0